*

*

Ads

Senin, 22 Juli 2019

Pendekar Remaja Jilid 052

“Suhu, dia adalah puteri dari Pendekar Bodoh dan tadi dia pun hampir saja membunuh teecu!” tiba-tiba Hok Ti Hwesio berkata sambil menudingkan jarinya ke arah Lili dengan pandangan marah. Hwesio muda ini ingin sekali suhunya membalaskan hinaan yang ia alami tadi.

Merah muka Ban Sai Cinjin mendengar ini. Kalau gadis ini sudah dapat mengalahkan Hok Ti Hwesio, itu tandanya bahwa kepandaian gadis ini tak boleh dibuat gegabah. Ia menengok kepada Kam Seng dan Wi Kong Siansu dengan heran.

“Ada Suheng dan Kam Seng disini, bagaimana dia bisa mengganggu Hok Ti?”

Kam Seng buru-buru berkata,
“Teecu juga sudah kena dikalahkan oleh Nona ini.”

“Hem, hem, lihai juga,” Ban Sai Cinjin mengangguk-angguk. “Baiknya Suheng belum turun tangan, biarlah aku yang meringkus bocah ini!”

Sambil berkata demikian, dengan gerakan yang tak terduga-duga, Ban Sai Cinjin mengulurkan tangan kirinya hendak menangkap pundak Lili.

Gadis itu cepat mengelak dan menggunakan kipasnya yang masih terpegang untuk mengebut dan menotok pergelangan tangan yang diulur itu. Ban Sai Cinjin hanya tersenyum-senyum saja dan sama sekali tidak mau mengelak. Kakek ini telah memiliki kekebalan yang melebihi Hok Ti Hwesio dan ia tidak takut akan segala totokan biasa saja.

“Awas, Sute!” seru Wi Kong Siansu yang maklum bahwa sutenya memandang rendah kepada gadis muda itu.

Akan tetapi sudah terlambat, karena ujung gagang kipas di tangan Lili dengan tepat telah menotok jalan darah pergelangan tangan Ban Sai Cinjin. Kakek ini mengerahkan kekebalannya, akan tetapi ia segera menjerit karena kaget dan kesakitan dan alangkah terkejutnya ketika ia merasa betapa lengan kirinya menjadi lumpuh!

Bukan main hebatnya totokan yang dilancarkan oleh kipas Lili ini, sehingga ia dapat mematahkan kekebalan Ban Sai Cinjin dan masih dapat menembusi kulit tebal itu untuk mencari sasarannya.

Sambil berseru keras, Ban Sai Cinjin melompat ke belakang dan cepat ia menggunakan tangan kanannya untuk mengetok dan mengurut lengan kirinya dan dengan cepat ia dapat membebaskan lengan kirinya dari pengaruh totokan yang lihai itu!

Lili juga terkejut dan kagum sekali. Totokannya tadi berbahaya dan dapat menewaskan seorang lawan, akan tetapi kakek itu tidak dapat roboh dan bahkan dapat memulihkan kembali jalan darahnya dengan cepat.

“Kurang ajar!” teriak Ban Sai Cinjin dengan marah sekali sehingga mukanya jadi pucat yang merah itu berubah menjadi pucat sekali. “Kau ganas dan liar, harus mampus di tanganku!”

Cepat seperti harimau menerkam ia lalu menubruk maju dan menggerakkan huncwenya mengetok kepala Lili dengan gerakan yang cepat sekali. Lili tidak mau berlaku lambat dan tiba-tiba nampak sinar terang berkelebat menyilaukan mata ketika gadis ini mencabut pedangnya, yaitu Liong-coan-kiam pemberian ayahnya! Terdengar bunyi keras, “trang…!!” ketika huncwe itu beradu dengan pedang dan bunga api berpijar indah.

Ilmu silat Ban Sai Cinjin benar-benar hebat, ganas dan kuat sekali. Huncwe di tangannya menyambar-nyambar, diliputi uap hitam yang menyeramkan dan berbau tidak enak sekali.

Akan tetapi, pedang Liong-coan-kiam di tangan Lili, bergerak dengan indahnya pula. Sedikit pun huncwe lawannya tak dapat mendekati tubuhnya, karena kemana saja huncwe itu berkelebat, selalu terhalang oleh sinar pedang yang agaknya secara otomatis mengikuti gerakan lawannya.

Tubuh gadis itu ketika bersilat pedang bergerak dengan lincah dan indah bagaikan orang sedang menari, begitu lemah gemulai, namun demikian kuatnya.

Benar-benar mengagumkan dan kini Wi Kong Siansu sendiri memandang dengan mata terbelalak, bukan saja saking kagumnya, akan tetapi juga karena heran dan bingung. Belum pernah ia menyaksikan ilmu pedang sehebat dan seaneh ini! Inilah ilmu pedang Liong-cu Kiam-sut, ciptaan Pendekar Bodoh.

Ilmu pedang Liong-cu Kiam-sut ini berdasarkan Ilmu Pedang Daun Bambu, ilmu pedang sederhana yang aneh dan lihai sekali yang diciptakan oleh Sie Cin Hai Si Pendekar Bodoh (baca cerita Pendekar Bodoh).






Oleh karena ilmu pedang ini ciptaan ayah Lili sendiri dan tak pernah diturunkan kepada orang lain, tentu saja ilmu pedang ini jarang sekali terlihat di dunia persilatan, berbeda dengan ilmu-ilmu pedang cabang persilatan besar seperti Go-bi Kiam-hwat, Kun-lun Kiam-hwat, dan lain-lain yang banyak dimainkan oleh para muridnya.

Kalau dilihat Lili sedang mainkan pedang ini, agaknya ia lebih mahir daripada ayahnya sendiri, yaitu dalam hal kelincahan dan keindahan gerakan. Akan tetapi, sesungguhnya tentu saja ia tidak dapat menandingi ayahnya, terutama sekali dalam kematangan gerakan dan pengalaman pertempuran.

Kini menghadapi seorang lawan berat seperti Ban Sai Cinjin, biarpun ilmu pedangnya berhasil membingungkan lawan dan membuat huncwe maut di tangan Ban Sai Cinjin tak banyak berhasil, namun pertempuran ini membuat gadis itu menjadi letih sekali. Tiap kali senjatanya beradu dengan senjata lawan, ia merasa urat-uratnya tergetar dan pertempuran kali ini telah memaksa ia mengerahkan seluruh kepandaian dan tenaga.

Ia memang tak usah khawatir akan terkena senjata lawan, akan tetapi sebaliknya, sukarlah pula baginya untuk dapat merobohkan lawan tangguh ini. Huncwe itu benar-benar lihai sekali dan memiliki gerakan yang serba aneh dan tak terduga.

Ban Sai Cinjin menjadi gemas dan marah luar biasa. Perasaan ini timbul dari rasa malu dan penasaran. Benar-benarkah dia, Ban Sai Cinjin, Si Huncwe Maut juga Si Golok Malaikat, orang yang sudah puluhan tahun malang-melintang di kalangan kang-ouw dan jarang sekali menemui tandingan, kini tidak berdaya merobohkan seorang bocah yang belum ada dua puluh tahun usianya? Dan seorang bocah perempuan pula, yang berkulit halus, bermata bintang, berbibir merah semringah, dan nampak lemah?

Jarang ada seorang lawan, seorang kang-ouw yang bagaimana tangguh pun, dapat melawan huncwenya lebih dari dua puluh jurus. Akan tetapi gadis manis ini telah melawannya sampai lima puluh jurus dan sedikit pun ia belum dapat menjatuhkannya!

“Bangsat perempuan, kau harus mampus!” tiba-tiba Ban Sai Cinjin berseru marah dan kini tangan kirinya yang tadi tidak ikut menyerang, lalu dikepal-kepal dan kepalan tangan itu tak lama kemudian berubah menjadi kemerah-merahan!

Thio Kam Seng atau lebih benar Song Kam Seng, terkejut sekali melihat kepalan susioknya ini. Celaka, pikirnya, kini Lili berada di pinggir jurang maut! Ia maklum bahwa kalau kepalan tangan kiri Ban Sai Cinjin sudah menjadi kemerah-merahan, itu tandanya bahwa kakek ini telah mengerahkan tenaga Ang-tok-jiu (Tangan Merah Beracun)! Jangankan sampai terkena pukul, baru tersambar oleh angin pukulan tangan Ang-tok-jiu ini saja, lawan dapat roboh menderita luka hebat yang dapat membawanya ke lubang kubur!

Harus diakui bahwa Lili adalah seorang gadis yang boleh dikata masih hijau pengalamannya dalam hal pertempuran dan jarang sekali ia bertempur menghadapi tokoh-tokoh kang-ouw seperti Ban Sai Cinjin.

Akan tetapi, ia adalah puteri dari sepasang suami isteri pendekar besar. Ayahnya, Sie Cin Hai atau Pendekar Bodoh, adalah seorang ahli silat yang jarang tandingannya, sedangkan ibunya, Kwee Lin atau Lin Lin, juga memiliki kepandaian yang amat tinggi. Lebih-lebih lagi karena baik ayah maupun ibunya telah mempunyai banyak sekali pengalaman pertempuran dan terutama sekali ayahnya telah seringkali menghadapi akal-akal dan ilmu-jimu jahat dan kejam yang dimiliki golongan hek-to (jalan hitam, penjahat). Maka seringkali gadis ini didongengi oleh ayah bundanya, juga tentang Ang-se-jiu (Tangan Pasir Merah) dan Ang-tok-jiu ia pernah mendengar dari ayahnya.

Ia tidak mengira bahwa kakek ini memiliki ilmu yang jahat ini, maka setelah melihat kepalan tangan kiri Ban Sai Cinjin berubah merah, cepat ia menyelipkan kipasnya di saku bajunya dan ia pun lalu menggerak-gerakkan tangan kirinya lalu mengerahkan tenaga khi-kangnya, bergerak-gerak ke kanan kiri sehingga tak lama kemudian dari seluruh lengan kirinya mengebullah uap putih. Inilah Ilmu Silat Pek-in-hoat-sut, ilmu turunan dari sucouwnya (kakek guru) yang bernama Bu Pun Su!

Pada saat huncwe Ban Sai Cinjin melayang ke arah pelipisnya, ia menangkis dengan pedangnya dan secepat kilat Ban Sai Cinjin menonjok ke arah dadanya dengan langan kiri yang mengandung tenaga Racun Merah itu! Angin pukulan itu telah lebih dulu menyambar dan dengan tenang akan tetapi waspada dan cepat sekali Lili lalu menangkis pula dengan tangan kiri.

Hebat sekali tenaga pukulan Angtok-jiu dan tenaga tangkisan Pek-in-hoatsut ini. Orang tak melihat dua lengan tangan itu beradu, akan tetapi tubuh kedua orana itu terpental mundur sampai dua tindak ke belakang!

Ban Sai Cinjin menjadi pucat saking kagetnya melihat betapa gadis muda itu dapat menangkis pukulan mautnya sedemikian lihainya. Adapun Lili juga terkejut sekali dan buru-buru ia mengerahkan tenaga dalam dan mengatur napasnya ketika merasa betapa seluruh urat pada tangan kirinya terasa kesemutan! Ini adalah tanda bahwa betapa pun hebatnya ilmu silat Pekin-hoat-sut, namun dalam hal tenaga dalam, ia masih kalah terhadap kakek ini.

Pengalaman ini membuat ia berlaku hati-hati sekali. Berkali-kali Ban Sai Cinjin melancarkan serangan, pukulan Ang-tok-jiu, karena kakek ini pun maklum bahwa ia masih menang tenaga dan kalau ia menyerang bertubi-tubi, ada harapan ia akan melukai gadis itu.

Akan tetapi kini Lili menangkis dengan cerdik sekali. Ia menggunakan tangkisan dari ilmu pukulan Pek-in-hoat-sut dari samping, dengan cara menyampok tenaga serangan lawan dari samping, tidak mengadu tenaga seperti tadi. Oleh karena ini, selalu apabila pukulan Ang-tok-jiu datang, ia tidak perlu mengadu tenaganya, dan hanya menyampok dari samping sambil mengelak saja. Dengan demikian tenaga pukulan lawan yang hebat itu tidak langsung datangnya dan tidak demikian telak menghantamnya.

Wi Kong Siansu makin kagum saja, demikian pula Ban Sai Cinjin diam-diam kagum sekali kepada puteri Pendekar Bodoh ini. Tadinya ia tidak ingin mempergunakan kelicikan dalam pertempuran ini, karena ia segan untuk merobohkan lawannya yang masih muda dan wanita pula ini dengan ilmu hitam.

Namun, karena tahu bahwa ia tidak mudah dapat merobohkannya, dan hal ini akan lebih memalukannya lagi, tiba-tiba ia lalu menyedot huncwenya dan sekali ia berseru keras, dari mulutnya menyembur keluar asap hitam yang amat berbahaya menuju ke muka Lili!

Gadis itu terkejut sekali. Sungguhpun asap itu masih jauh dari mukanya, namun ia telah mencium baunya yang amat memuakkannya dan ia cepat melempar tubuhnya ke belakang, melakukan gerakan Burung Walet Pulang ke Sarang membuat gerakan poksai (salto) sampai tiga kali dan turun beberapa tombak jauhnya dari lawannya.

Ban Sai Cinjin tertawa bergelak. Ia maklum bahwa lawannya takut kepadanya, maka ia berseru,

“Nona manis, kau hendak lari kemana?”

Lalu ia menyedot huncwenya pula dan kesempatan itu ia pergunakan untuk membuka kantong tembakau yang tergantung pada huncwenya dan mengisi mulut huncwe itu dengan tembakau baru. Ia mengambil keputusan untuk merobohkan lawannya dengan asap mautnya!

Lili maklum bahwa sungguhpun hawa Pek-in-hoat-sut dari tangan kirinya akan dapat menolak asap hitam itu buyar terkena hawa Pek-in-hoat-sut, asap yang ringan itu masih akan dapat menyerangnya.

Asap macam ini tidak menyerangnya mengandalkan tenaga tiupan, melainkan mengandalkan kejahatan racun yang dikandungnya. Maka ia lalu melepaskan tenaga Pek-in-hoat-sut dari lengan kirinya dan sebagai gantinya ia lalu mengeluarkan kipasnya. Sekali ia menggerakkan jari tangan kirinya, kipasnya ini telah terkembang dan dipegangnya seperti hendak mengipas tubuhnya.

Ban Sai Cinjin belum tahu gadis ini telah mewarisi Ilmu Silat San-sui-san-hwat (Ilmu Kipas Bukit dan Air) yang lihai dari Swie Kiat Siansu, maka tanpa memperhatikan kipas ini, ia lalu menyerbu lagi dengan sekaligus mengeluarkan tiga serangannya. Tangan kirinya memukul dengan Ang-tok-jiu, tangan kanan menggerakkan huncwe menotok leher, dan dari mulutnya menyemburkan asap yang hitam dan tebal ke arah muka lawannya!

Lili merasa girang melihat lawannya tidak memperhatikan kipasnya dan gadis yang cerdik ini mengambil keputusan untuk merobohkan lawannya yang amat lihai ini. Ia menanti datangnya serangan dengan amat tenang dan sengaja berlaku agak lambat untuk menarik perhatian lawan.

Untuk menghindarkan diri dari tiga serangan itu, ia mempergunakan gin-kangnya (ilmu meringankan tubuh) yang luar biasa, berkelit ke kanan sambil merendahkan tubuh, karena maklum bahwa asap hitam itu tidak akan turun ke bawah. Ia sengaja menanti untuk memancing lawannya.

Benar saja, Ban Sai Cinjin melihat keadaan gadis yang agaknya lambat gerakannya ini, menjadi girang dan mengira bahwa gadis itu telah terkena racun asap hitamnya, maka ia melanjutkan serangan dengan mencengkeram ke bawah dan mengayun huncwenya. Akan tetapi pada saat itu juga, tiba-tiba kipas di tangan kiri Lili dikebutkan ke arah uap hitam yang tebal tadi sehingga uap itu melayang ke arah muka Ban Sai Cinjin!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar