*

*

Ads

Jumat, 26 Juli 2019

Pendekar Remaja Jilid 065

Untuk menghormat dan menyenangkan hati Hailun Thai-lek Sam-kui, Ban Sai Cinjin lalu mengadakan pesta di gedungnya di dusun Tong-sin-bun. Dalam pesta ini, ia mengundang kawan-kawannya yang terdiri dari orang-orang kang-ouw dan para pembesar serta hartawan.

Bouw Hun Ti dan Hok Ti Hwesio disuruh mengundang beberapa orang gagah dari kota-kota yang berdekatan. Banyak orang-orang yang berkepandaian tinggi akan tetapi yang termasuk segolongan dengan Ban Sai Cinjin, menghadiri pesta itu.

Akan tetapi, diantara para tamu ini yang patut dikemukakan hanya seorang dari Shantung yang kebetulan lewat di dusun itu. Orang ini bernama Lok Cit Sian dan ia adalah seorang ahli silat cabang Thai-kek-pai yang tersesat dan tidak diakui lagi sebagai anak murid Thai-kek-pai.

Lok Cit Sian yang bertubuh tinggi kurus seperti pohon bambu ini biarpun usianya telah mendekati lima puluh tahun, namun ia terkenal sebagai seorang bandot tua yang menjemukan. Kesukaannya inilah agaknya yang membuat ia bersahabat baik dengan Ban Sai Cinjin, cocok seperti yang dikatakan orang bahwa dua orang dapat menjadi sahabat karib apabila kesukaan mereka sama.

Pesta berlangsung meriah sekali dan pengaruh arak telah mulai nampak pada para tamu. Suara ketawa bergelak makin lama makin riuh dan percakapan yang terdengar, makin lama makin bebas dan tidak dibatasi oleh kesopanan lagi. Di meja besar yang berada di tengah ruangan pesta, duduklah Ban Sai Cinjing, Wi Kong Siansu, ketiga Hailun Thai-lek Sam-kui dan Lok Cit Sian.

Meja-meja lain penuh dalam ruangan itu sampai ke ruangan luar. Semua ada belasan meja banyaknya. Meja-meja di ruangan luar diduduki oleh tamu-tamu yang muda, sebagian besar orang-orang muda yang kurang ajar dan tidak sopan, orang-orang muda yang pandainya hanya berjudi, mengganggu wanita dan berkelahi mengandalkan kekayaan orang tua.

Pada waktu para pemuda itu bersendau gurau membicarakan tentang wanita-wanita, tiba-tiba semua mata memandang ke arah selatan darimana datang seorang gadis remaja yang amat menarik hati. Gadis itu masih amat muda, bertubuh ramping menggiurkan dengan pakaian yang sederhana, akan tetapi kesederhanaan pakaiannya yang mencetak tubuhnya ini bahkan menonjolkan keindahan bentuk tubuhnya yang bagaikan setangkai bunga baru mulai mekar itu. Wajahnya yang cantik manis tidak dibedaki, akan tetapi kecantikannya yang wajar itu benar-benar mengagumkan dan menggairahkan hati tiap orang laki-laki.

Tentu saja, melihat datangnya gadis ini, para pemuda itu bagaikan kucing-kucing kelaparan melihat tikus gemuk. Semua mata memandang dengan dipentang lebar seolah-olah hendak melompat keluar dari pelupuk mata, bibir mereka tersenyum menyeringai dan mereka sibuk membereskan rambut atau pakaian yang kusut. Banyak yang menelan ludah ketika menyaksikan betapa gadis elok itu melenggang dengan pinggang yang lemas, sehingga cocok sekali perumpamaan kuno bahwa pinggang dan tubuh gadis itu demikian lemas dan gayanya demikian indah seperti pohon yang-liu tertiup angin!

Tidak heran apabila semua pemuda mata keranjang itu tertarik hati mereka melihat gadis ini. Gadis ini bukan lain adalah Lilani, dara suku bangsa Haimi yang cantik. Sebagaimana telah dituturkan di bagian depan, Lilani setelah tertolong oleh Lie Siong, lalu diantar oleh pemuda itu menuju ke Tiang-an. Mereka melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki meninggalkan perahu di tepi sungai.

Sebagai seorang gadis Haimi yang berwatak jujur, dengan terang-terangan Lilani menyatakan dalam sikap dan perbuatannya bahwa gadis ini mencinta pemuda penolongnya itu.

Akan tetapi, Lie Siong selalu bersikap dingin, sungguhpun di dalam hatinya kadang-kadang timbul gelora karena sikap dan kecantikan gadis ini amat menarik hatinya. Tiap kali mereka bermalam di rumah penginapan, Lilani selalu berkeras hendak bermalam di dalam satu kamar. Tentu saja Lie Siong merasa tidak enak hati sekali, akan tetapi ia menjadi terharu juga ketika mendapat kenyataan bahwa gadis ini benar-benar jujur dan berhati putih bersih.

Tiap kali mereka tinggal sekamar dalam sebuah hotel, gadis itu tanpa banyak cakap lalu merebahkan diri di atas pembaringan yang hanya sebuah, tidur di pinggir dan miringkan tubuh membelakangi Lie Siong lalu tidur pulas!

Terpaksa Lie Siong tidak mengajukan keberatan lagi, bahkan ia merasa malu kepada diri sendiri karena tadinya ia menyangka bahwa Lilani adalah gadis yang berpikiran kotor. Yang lebih mengharukan hatinya adalah ia melihat gadis itu tidur dalam kedinginan lalu selimut yang hanya satu-satunya itu ia selimutkan di atas tubuh gadis itu akan tetapi pada keesokan harinya ketika ia bangun dari tidurnya, ternyata bahwa selimut itu telah pindah tempat dan telah diselimutkan oleh Lilani di atas tubuhnya!

Pernah Lilani mengatakan bahwa kini ia tidak ingin tinggal bersama Kwee-lo-enghiong di Tiang-an.

“Mengapa?” tanya Lie Siong terheran. “bukankah kau yang minta supaya aku mengantarmu ke Tiang-an?”






“Dulu memang hanya Kwee-lo-enghiong satu-satunya orang yang dapat kuharapkan, akan tetapi sekarang aku lebih senang tidak berumah dan selamanya merantau bersamamu, Lie Tai-hiap.”

Ucapan yang sejujurnya ini menusuk perasaan Lie Siong dan membuka matanya bahwa gadis Haimi ini benar-benar mencinta padanya. Akan tetapi ia tidak berkata apa-apa dan berlaku seolah-olah ia tidak mengerti akan pengutaraan rasa hati gadis itu.

Pada hari itu, mereka tiba di dusun Tong-sin-bun dan menyewa sebuah kamar di hotel. Seperti biasa, pelayan mengira bahwa mereka adalah sepasang suami isteri, akan tetapi hal ini tidak mempengaruhi perasaan Lie Siong karena telah seringkali mereka dianggap suami isteri oleh pelayan hotel. Dan selalu Lilani menyambut anggapan ini dengan wajah berseri dan mulut tersenyum manis.

“Tai-hiap, marilah kita berjalan-jalan melihat keadaan dusun ini yang amat ramai,” Lilani mengajak Lie Siong ketika mereka telah duduk mengaso.

“Kau pergilah kalau ingin berjalan-jalan, Lilani. Aku sedang malas dan biar aku menunggu kau disini,” jawab Lie Siong.

Biarpun hatinya kecewa, Lilani pergi juga seorang diri, dengan maksud hendak mencari sesuatu yang enak dan dibelinya untuk Lie Siong! Demikianlah, tanpa disengaja ia lewat rumah gedung Ban Sai Cinjin dan kini, dengan hati mendongkol ia melihat betapa mata beberapa orang muda yang sedang makan minum diruang depan memandangnya dengan kurang ajar sekali.

“Aduh, Nona manis, hendak pergi ke manakah?” seorang diantara mereka menegur sambil tersenyum-senyum. Lilani tidak mempedulikannya dan hendak berjalan terus.

Akan tetapi orang ke dua lalu menghadang di depannya dan berkata,
“Wahai dewi kahyangan, marilah kau makan minum dengan kami. Bukan begitu kawan-kawan?”

“Akur! Nona ini harus makan minum, menemani kita bcrgembira,” teriak yang lain.

Sambil tertawa-tawa, pemuda itu lalu mengulur tangan hendak menangkap dan menarik lengan Lilani. Akan tetapi alangkah kagetnya ketika gadis itu mengelak dan mengirim tamparan ke arah pipinya,

“Plok!”

Pemuda itu menjerit kesakitan dan terhuyung mundur. Kawan-kawannya menjadi marah dan hendak menangkap Lilani, akan tetapi menghadapi kawanan pemuda liar ini Lilani cukup lihai. Beberapa kali tangannya bergerak dan empat orang pemuda roboh sambil mengaduh-aduh kesakitan.

Ban Sai Cinjin yang duduk makan minum di ruang dalam, mendengar suara ribut-ribut ini, lalu ia berdiri dan bertindak keluar, diikuti oleh Liok Cit Sian. Adapun Wi Kong Siansu dan ketiga Thailek Sam-kui yang sedang bertanding mengadu kekuatan minum arak, tidak mempedulikannya dan terus saja duduk minum dengan gembira.

Ban Sai Cinjin menjadi kaget dan marah sekali melihat seorang gadis muda yang cantik menghajar beberapa orang tamunya. Akan tetapi ketika Lok Cit Sian melihat gadis itu, matanya yang juling berseri-seri dan ia berbisik,

“Ban Sai Cinjin sahabat baik, jangan mencelakai burung molek ini, serahkan dia untukku.”

Ban Sai Cinjin tersenyum dan ia lalu bertanya kepada para tamunya apakah yang telah terjadi.

“Kami dengan baik-baik menawarkan dia makan minum, akan tetapi Nona ini sebaliknya lalu mengamuk dan memukul!” Pemuda yang kena ditampar tadi mengadu.

“Hem, hem, galak benar,” kata Ban Sai Cinjin.

Dengan mulut menyeringai, ia mengambil tempat masakan, lalu menggunakan sebatang sumpit ia mencokel sepotong daging yang panas mengebul sambil berkata,

“Nona manis, akulah tuan rumahnya dan karena kau sudah datang, silakan kau makan daging ini!”

Biarpun gerakannya mencokel daging dengan sumpit itu perlahan saja, namun daging itu bagaikan disambitkan lalu meluncur dan menyambar ke arah muka Lilani! Gadis itu terkejut sekali ketika merasa betapa sambaran daging itu mendatangkan angin kuat. Hal ini sama sekali tak pernah disangkanya sehingga kalau ia tidak cepat menarik tubuhnya ke belakang, tentu daging panas itu akan mengenai mulutnya!

“Tua bangka kurang ajar!” bentaknya dan semua orang merasa heran mendengar betapa suara gadis ini lain dengan orang Han biasa.

Akan tetapi pada saat itu, sumpit di tangan Ban Sai Cinjin sudah mencokel lagi berkali-kali dan tiga potong daging menyambar ke arah Lilani. Gadis ini berusaha mengelak dan memang benar ia dapat menghindarkan diri dari sambaran daging pertama dan kedua, akan tetapi sambaran daging ke tiga tak dapat dielakkannya lagi.

Dengan jitu sekali daging ini mengenai jalan darahnya di dekat iga kiri dan seketika itu juga Lilani merasa seluruh tubuhnya kesemutan dan kedua tangannya tak dapat digerakkan lagi! Ia terkejut sekali dan lebih-lebih terkejutnya ketika orang tinggi kurus yang tadi berdiri di belakang Ban Sai Cinjin sambil tertawa-tawa, kini melangkah maju dan begitu orang tinggi kurus ini mengulur tangan, ia telah kena dipeluk dan dipondongnya.

“Ha-ha-ha, burung muraiku yang manis. Mari masuk dalam sangkar emas bersamaku!”

Dengan mata terbelalak bagaikan seekor kelinci yang tertangkap oleh srigala, Lilani memaklumi akan keadaannya yang amat berbahaya ini. Ia tak dapat menggerakkan kedua tangannya, akan tetapi ia masih dapat mengeluarkan suara. Ketika dulu ia masih hidup bersama suku bangsanya dan hidup di hutan belukar, ia dan kawan-kawannya mempunyai semacam seruan tanda bahaya yang maksudnya untuk minta tolong kepada kawan-kawan.

Kini dalam keadaan bahaya dan hatinya takut sekali, otomatis ia lalu mengeluarkan pekik yang amat nyaring bunyinya. Pekik ini terdengar seperti siulan panjang yang nyaring bergema, dan terdengar seperti bunyi seekor burung hutan. Semua orang terkejut mendengar bunyi yang aneh ini, akan tetapi Lok Cit Sian sambil tertawa berkata,

“Ha-ha-ha, burungku yang indah benar-benar pandai bersiul!”

Letak rumah penginapan yang ditinggali oleh Lie Siong tidak jauh dari gedung Ban Sai Cinjin. Ketika itu, ia sedang duduk memikirkan Lilani dengan pikiran bingung. Harus diakuinya, bahwa setelah melakukan perjalanan bersama Lilani selama sebulan lebih, ia telah merasa biasa dan gembira berada dekat gadis ini. Sikap gadis ini yang ramah dan mencintanya, berkesan dalam-dalam di hatinya sehingga kini timbul keraguan di dalam hatinya apakah ia akan merasa senang kalau Lilani ia tinggalkan di rumah Kwee An. Apakah ia akan dapat merasa gembira lagi setelah berpisah dari gadis itu?

Tiba-tiba ia mendengar siul panjang dan nyaring. Ia terkejut karena ketika masih melakukan perjalanan dengan perahu, pada suatu malam di tengah hutan, pernah Lilani mengeluarkan siulan seperti itu. Karena perahu mereka berada di dalam hutan dan banyak terdengar suara binatang di waktu malam, saking gembiranya Lilani mengeluarkan siulan itu sehingga mengejutkan hati Lie Siong. Dan kini terdengar siulan seperti itu lagi! Ia teringat bahwa siulan itu berarti minta tolong, demikian Lilani dulu menerangkan siulan itu kepadanya.

Tanpa membuang banyak waktu lagi, Lie Siong menyambar pedangnya yang segera diikatkan di pinggang, kemudian ia berlari menuju ke arah datangnya siulan tadi.

Alangkah marahnya ketika ia tiba di depan gedung yang sedang berpesta itu, ia melihat Lilani sedang dipondong oleh seorang kurus tinggi dan diiringi oleh gelak tertawa para tamu yang berada di situ.

Dalam kemarahan yang berkobar memuncak, Lie Siong lalu melompat dan menerjang Si Tinggi Kurus itu dengan gerakan yang disebut Raja Kera Merampas Mustika. Tangan kanannya menyerang dengan tusukan kedua jari tangan ke mata Si Tinggi Kurus, sedang tangan kirinya menyambar ke arah tubuh Lilani!

Tak seorang pun menduga datangnya pemuda ini, maka tentu saja Lok Cit Sian menjadi terkejut sekali. Ia sedang bergembira telah berhasil mendapatkan seorang dara yang demikian cantiknya, maka dengan nafsu yang memeningkan kepalanya, hampir saja ia tidak dapat menghindarkan matanya dari tusukan dua buah jari tangan Lie Siong.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar