*

*

Ads

Jumat, 18 Mei 2012

Pendekar Remaja Jilid 008

Alangkah terkejut hati Lo Sian ketika kemudian ia melihat betapa laki-laki brewok itu menepuk-nepuk pundak anak perempuan itu dan tiba-tiba menotok jalan darah Koan-goan-hiat anak itu! Ia merasa kaget setengah mati karena totokan itu dapat membuat anak itu tewas seketika, atau setidaknya mendatangkan rasa sakit yang luar biasa hebatnya!

Gilakah Si Brewok itu? Mengapa ada orang memperlakukan anak sendiri semacam itu? Lo Sian memandang tajam dan hampir saja ia bertindak untuk memberi hajaran kepada orang kejam ini, kalau saja pada saat itu Bouw Hun Ti tidak sudah melepaskan Lili dari pengaruh totokannya kembali.

Jelas kelihatan oleh Lo Sian betapa anak perempuan itu menahan sakit dan biarpun air mata anak itu bercucuran, akan tetapi tidak sedikit pun suara isak keluar dari mulutnya. Ia berdebar deras karena kini ia menduga bahwa anak perempuan ini tentu telah ditotok urat gagunya yang membuatnya sama sekali tak dapat mengeluarkan suara. Hatinya mulai menaruh curiga kepada orang brewok itu dan ia menduga bahwa orang ini tentu seorang penculik anak kecil. Lo Sian mulai bersiap untuk menyelidiki perkara ini dan kalau perlu menolong anak itu.

Akan tetapi pada saat itu terjadilah hal lain yang cukup meributkan. Orang melihat betapa Bouw Hun Ti tiba-tiba melemparkan daging yang sedang dikunyahnya ke atas lantai sambil menyumpah-nyumpah.

“Bangsat dan penipu belaka pemilik rumah makan ini!”

Ia menyumpah-nyumpah sambil memegang pipinya. Sebetulnya, tanpa disengaja, Bouw Hun Ti yang mempunyai penyakit gigi, kena gigit sepotong tulang kecil yang bersembunyi di dalam daging sehingga sakitnya bukan main membuat matanya berkunang dan kepalanya berdenyut-denyut serasa mau pecah.

Siapa yang pernah menderita sakit gigi tentu akan dapat membayangkan rasa sakit yang diderita oleh Bouw Hun Ti pada saat itu. Penyakit ini memang paling jahat dan berbahaya karena membuat orang naik darah dan terutama Bouw Hun Ti yang berwatak buruk itu, tiba-tiba menjadi marah sekali. Ia pegang mangkok tempat masakan itu dan membantingnya ke lantai hingga hancur berkeping-keping!

Pelayan yang tadi menghina Lo Sian adalah pelayan kepala dan ia memang terkenal beradat keras dan sombong. Tadi ia telah “kecele” oleh Lo Sian dan sedikitnya kesombongannya tersinggung, maka hal itu membuat ia merasa malu dan mendongkol. Kini melihat ada orang yang membuat ribut naiklah darahnya. Dengan langkah lebar ia menghampiri lalu membentak,

“Orang kasar dari manakah berani mengacau di rumah makan kami? Mengapa kau memaki-maki dan merusak barang kami? Kau harus mengganti harganya!”

Pelayan itu memang sedang sial dan ia benar-benar mencari penyakit sendiri. Bouw Hun Ti yang sedang menderita sakit gigi dan sedang marah-marah itu bagaikan api yang mulai menyala, kini seakan-akan api itu disiram dengan minyak hingga makin berkobar. Ia bangkit berdiri dengan perlahan dan sepasang matanya seakan-akan hendak menelan bulat-bulat pelayan itu.

“Apa katamu…?” katanya perlahan dengan muka merah. “Kau sudah menipu orang, menjual daging liat dan tulang, masih tidak mau mengaku salah bahkan berani memaki aku?”

“Siapa bilang kami menjual daging liat dan tulang? Barangkali gigimu yang telah ompong sehingga tidak kuat mengunyah daging!” pelayan itu tidak mau kalah dan beberapa orang terdengar tertawa mendengar ucapan ini.

Diam-diam Lo Sian memandang dengan penuh perhatian dan tertarik. Ia tahu bahwa pelayan itu terlalu sombong dan akan mengalami celaka. Benar saja, tiba-tiba Bouw Hun Ti yang mendengar ucapan ini lalu membungkuk dan mengambil sekerat daging yang tadi dilemparnya, dan sekali ia mengayun tangan, daging itu melayang dan tepat menotok jalan darah di dada pelayan itu yang segera menjerit keras, roboh dan bergulingan sambil berteriak-teriak,

“Aduh…! Mati aku…! Aduh…! Aduh…!”

Gegerlah semua tamu dan pelayan yang berada disitu. Dua orang pelayan yang bertubuh tinggi besar melangkah maju.

“Bangsat kurang ajar! Kau berani memukul orang?”

Dua orang pelayan itu juga mencari penyakit, pikir Lo Sian yang menonton keributan itu sambil tersenyum simpul. Akan tetapi dua orang pelayan yang hanya memiliki tenaga besar karena setiap hari dilatih mencacah bakso, tidak dapat melihat bahwa Bouw Hun Ti memiliki ilmu kepandaian luar biasa, maka dengan kepalan tangan mereka lalu menyerang hebat untuk memberi hajaran kepada Si Brewok itu.






Akan tetapi, Bouw Hun Ti sama sekali tidak pedulikan datangnya pukulan kedua orang itu, bahkan lalu maju menyambut dengan kedua tangan terulur maju merupakan cengkeraman garuda.

“Buk! Buk!”

Dua pukulan itu tepat mengenai dada dan pundak Bouw Hun Ti, akan tetapi aneh sekali. Si Brewok itu seakan-akan tidak merasa sama sekali, sebaliknya dua orang pelayan itu memekik kesakitan dan memandang tangan mereka yang menjadi bengkak dan biru setelah memukul tubuh yang mereka rasakan keras seperti besi itu!

Sementara itu, cengkeraman tangan Si Brewok telah mencapai sasaran, yakni rambut kedua orang pelayan itu. Ketika Bouw Hun Ti mengangkat kedua lengannya maka dua orang itu terangkat ke atas dan Bouw Hun Ti lalu menggerakkan kedua tangannya, membenturkan kepala dua orang itu satu kepada yang lain.

“Duk!”

Dan ketika Bouw Hun Ti melepaskan tangannya, dua orang pelayan itu roboh dengan tubuh lemas dan pingsan serta kepala mereka yang saling bertumbuk tadi pecah kulitnya dan mengeluarkan darah! Masih untung bagi mereka bahwa Bouw Hun Ti tidak menggunakan seluruh tenaganya, karena kalau Si Brewok mau, dua butir kepala itu pasti akan menjadi pecah dan nyawa mereka berdua akan melayang!

Pada saat itu dari luar pintu terdengarlah bentakan keras dengan suara yang parau,
“Jago dari manakah memperlihatkan kegagahan disini?”

Bentakan ini disusul masuknya seorang laki-laki berpakaian mewah dan bertubuh tinggi besar bermuka hitam. Inilah Tiat-tauw-ciang (Si Kepala Besi) yang bernama Thio Seng, seorang yang terkenal sebagai jago di dusun itu. Thio Seng tidak saja memiliki kepandaian silat yang tinggi, akan tetapi juga ia terkenal sebagai seorang yang kaya raya. Selain banyak memiliki tanah, juga rumah makan itu adalah miliknya.

Pengaruhnya amat besar dan agaknya pengaruhnya ini yang membuat para pelayannya berwatak sombong. Kebetulan sekali Thio Seng pada waktu terjadinya pertempuran di rumah makan itu berada di luar rumah makan, maka ia segera mendengar dari para pelayan tentang mengamuknya seorang tamu. Dengan marah ia lalu masuk ke dalam rumah makannya dan membentak Bouw Hun Ti.

Bouw Hun Ti yang masih marah itu ketika melihat seorang tinggi besar bermuka hitam memasuki pintu rumah makan, bertanya dengan suara kasar,

“Muka Hitam, siapakah kau dan mau apa?”

Thio Seng dapat menduga bahwa orang ini tentu memiliki ilmu silat, maka ia menjawab sambil mengangkat dada,

“Akulah yang disebut Tiat-tauw-ciang Thio Seng dan pemilik rumah makan ini!”

Dengan ucapan ini Thio Seng menduga bahwa orang itu tentu telah mendengar namanya dan akan minta maaf menyatakan tidak tahu bahwa restoran itu miliknya. Akan tetapi, selama hidupnya Bouw Hun Ti belum pernah mendengar nama ini, maka ia menjawab,

“Tidak peduli pemilik rumah ini bernama kepala besi ataupun kepala udang, orang telah melakukan penipuan di dalam rumah makan ini! Daging keras dan busuk dijual!”

Marahlah Thio Seng mendengar ini.
“Eh, kau sombong sekali, sobat! Siapakah kau yang tidak tahu aturan ini?”

“Siapa adanya aku bukan urusanmu! Dan jangan kau menghadang di jalan, aku hendak pergi!”

Sambil berkata demikian, Bouw Hun Ti memegang tangan Lili dan hendak menariknya keluar dari situ. Akan tetapi Thio Seng berdiri sambil bertolak pinggang dan berkata,

“Hemm, sabar dulu, sobat! Kalau kau tidak mengganti kerusakan ini dan memberi uang obat kepada pelayan-pelayanku serta berlutut minta ampun kepada Tiat-tauw-ciang, jangan harap bisa keluar dari sini!”

Sambil berkata demikian, Thio Seng membuka jubah topinya dan kini nampaklah kepalanya yang licin tak berambut di bagian muka dan tengah, mengkilap bagaikan digosok dengan minyak. Inilah kepalanya yang amat ditakuti orang, karena dengan kepala ini, Thio Seng pernah mengalahkan banyak jago silat, bahkan pernah berdemonstrasi membentur dinding dengan kepalanya sehingga dinding bata yang tebal itu menjadi pecah!

Mendengar ucapan orang she Thio itu, Bouw Hun Ti tak dapat menahan marahnya lagi. Ia melepaskan tangan Lili dan melangkah maju sambil menendang meja kursi yang berada di dekatnya untuk mencari ruang yang lebih lebar.

“Kau mau melakukan kekerasan? Baik, agaknya kau ingin pula dihajar!”

“Rasakan pukulanku!”

Thio Seng berseru dan mulai menyerang dengan pukulan tangan kanan. Melihat gerakan yang keras dan cepat itu, Lo Sian yang masih duduk di sudut diam-diam memuji dan maklum bahwa Si Muka Hitam yang kasar ini memiliki kepandalan yang tidak rendah.

Akan tetapi, ia merasa terkejut dan kagum ketika melihat gerakan Bouw Hun Ti. Ketika pukulan Thio Seng itu telah menyambar dekat dengan dadanya, Bouw Hun Ti cepat melembungkan dadanya tanpa menangkis sedikit pun. Padahal melihat kerasnya pukulan, Lo Sian maklum bahwa hal itu amat berbahaya.

“Buk!” terdengar suara keras ketika pukulan itu tepat menghantam dada akan tetapi aneh sekali.

Bukan Bouw Hun Ti yang roboh, bahkan tubuh Thio Seng terjengkang ke belakang seakan-akan ia terdorong oleh tenaga amat besar!

Lo Sian terkejut benar-benar karena sesungguhnya tak pernah disangkanya orang yang brewok itu memiliki lweekang yang sedemikian tingginya! Sungguh seorang berkepandaian tinggi, lawan yang amat tangguh, pikirnya. Oleh karena itu, maka maksudnya untuk menolong anak perempuan itu dipikirnya masak-masak. Ia harus menggunakan siasat untuk menolong anak itu, karena dengan jalan kekerasan, belum tentu ia akan dapat menangkan Si Brewok itu.

Sementara itu, Thio Seng yang tadi memukul, merasa terkejut dan marah karena ia merasa seakan-akan memukul karet. Biarpun tangannya tidak menjadi bengkak seperti tangan pelayannya ketika tadi memukul Bouw Hun Ti, akan tetapi ia telah terpental ke belakang oleh kehebatan tenaga lawan. Ia tahu bahwa lawannya adalah seorang berkepandaian tinggi, maka Thio Seng lalu mengambil jalan pendek dan nekat.

“Bangsat rendah, awas serangan pembalasanku!” serunya dan tubuhnya lalu membungkuk dengan kepala di depan dan matanya melirik tajam bagaikan laku seekor kerbau jantan yang hendak menyerang.

“Hemm, majulah, hendak kurasakan betapa empuknya kepala tahumu!” kata Bouw Hun Ti sambil memasang perutnya ke depan!

Pada saat itu, Lo Sian sudah mendapat akal untuk bertindak. Ia tadi melihat betapa dengan menggunakan sepotong daging Si Brewok itu dapat menyerang lawannya. Diam-diam ia lalu mengambil sekerat daging yang agak keras, kemudian setelah membidik dengan hati-hati ia menyambitkan daging itu ke arah leher Lili.

Anak ini sedang menonton pertempuran dan selama tiga hari itu Lili tiada hentinya merasa heran dan marah mengapa ayah ibunya, juga kakeknya, tidak mengejar dan memberi hajaran kepada penculiknya ini! Tadi ketika melihat para pelayan menyerang Bouw Hun Ti, ia mengharap agar Bouw Hun Ti akan kalah dan binasa, akan tetapi alangkah kecewanya ketika melihat bahwa para pelayan yang hanya pandai berlagak itu dengan mudah dapat dirobohkan oleh Si Brewok yang amat dibencinya.

Pengharapannya menipis dan kemudian anak ini merasa putus asa bahkan kini ia merasa menyesal kepada ayah ibu dan kakeknya yang tidak juga muncul untuk menolongnya!

Ketika daging yang disambitkan oleh Lo Sian dengan tepat menyerang lehernya sehingga tiba-tiba ia merasa betapa kekakuan leher dan lidahnya lenyap yang dapat ia serukan hanya jeritan,

“Ayah… Ibu… tolong…!”

Pada saat itu, Bouw Hun Ti tengah menghadapi Thio Seng yang hendak menyerangnya dengan kepala. Bukan main kagetnya mendengar suara Lili karena ia tahu betul bahwa anak itu telah ditotok jalan darahnya. Dengan heran Bouw Hun Ti menengok dan pada waktu itu, Thio Seng sudah menyeruduk maju, menyerang perut Bouw Hun Ti dengan kepalanya yang botak licin!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar